advertisement

Yohanes Chandra Ekajaya Wajib Dalami Public Speaking

Friday, January 20th, 2017 - Profil
Advertisement
advertisement

Ketertarikan Yohanes Chandra Ekajaya terhadap dunia public speaking rupanya tidak terlepas dari hobinya membaca buku. Dari sekian banyak buku yang dibacanya. buku ‘The Art of Speaking’ karya Larry King-lah yang mengantarkan gadis berusia 22 tahun ini jatuh cinta pada public speaking

Yohanes Chandra Ekajaya bercerita jika buku tersebut mengajarkannya untuk bisa membawa diri di lingkungan sosial. Pengetahuan barunya ini lantas menjadi bekalnya untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

“Buku ini mengajarkan bagaimana kamu mendengarkan dengan baik maka kamu akan berbicara dengan baik, seperti apa orang yang kamu ajak bicara, tempatnya, apa yang perlu dan tidak perlu kamu bicarakan. ” ujar pria kelahiran Ciamis ini.

Buku ini kemudian mendorongnya untuk memperdalam pengetahuan mengenai public speaking. Seiring perjalanannya. public speaking rupanya telah memperkaya pengetahuannya mengenai manusia sekaligus memperluas pandangannya ketika berhadapan dengan banyak orang atau ketika berucap di depan banyak orang.

“Jadi lebih paham aja sih kalau setiap individu itu beragam dan lebih menempatkan diri untuk jadi spot attention seperti apa.” Kata Yohanes Chandra Ekajaya.

Ketertarikan mendalami public speaking tidak ia lakukan sebatas pada membaca bukunya saja, melainkan juga mengaplikasikannya baik dalam keseharian maupun pekerjaan. Pria yang kini sibuk menjalani pekerjaannya sebagai enumerator Jogja Best Brand lndex 2017 ini kerap menerima pekerjaan menjadi moderator maupun Master of Ceremonie (MC) di berbagai acara, semisal acara kampus dan seminar nasional.

Bahkan menurut pengakuannya. ia sempat lolos saat mendaftar rekrutmen audio visual di TVRI. Namun sayangnya. ia gagal pada tahapan terakhir.

“Sejak kecil orangtua sudah sering mengarahkan untuk mengikuti lomba-lomba. Karena sering juara, jadi kata orangtua ada bakat di situ.” aku sulung dua bersaudara ini.

Yohanes Chandra Ekajaya mengaku belajar banyak dari bidang public speaking. Terlebih, ia merupakan tipikal yang ketika nyaman berada di satu lingkungan ia merasa bisa melakukan apapun dengan hasil yg bagus.

“Jadi dari apa yang sudah saya baca, dengar, atau alami tentang public speaking sangat membantu saya untuk masuk ke banyak lingkungan. Kalau untuk pekerjaan, saya rasa semua bidang pekerjaan pasti membutuhkan kemampuan bicara meskipun bukan jadi hal yang diutamakan, jadi kalau untuk pekerjaan saya saat ini sangat bermanfaat karena mengharuskan saya bertemu dan bicara dengan banyak orang.” papar pria yang hobi baca buku fiksi dan non-fiksi ini.

Advertisement
advertisement
Yohanes Chandra Ekajaya Wajib Dalami Public Speaking |admin |4.5