advertisement

Yohanes Chandra Ekajaya Terjun Ke Waralaba

Friday, January 20th, 2017 - Uncategorized
Advertisement
advertisement

Bisnis franchise atau lebih sering disebut dengan waralaba terus mengalami perkembangan dan kemajuan yang pesat. Saat ini menurut salah seorang pengusaha sekaligus ekonom, yaitu Yohanes Chandra Ekajaya, mengatakan bahwa banyak pilihan yang bisa dimanfaatkan secara optimal dan maksimal oleh para pengusaha yang ingin terjun ke bisnis waralaba.

Yohanes Chandra Ekajaya

Yohanes Chandra Ekajaya

Ada banyak perusahaan yang menawarkan kemitraan atau rekanan, misalnya es teler 77, kfc, mcdonald’s, alfamart, dan sebagainya. Yohanes Chandra Ekajaya juga menyebutkan bahwa ada sistem yang mirip dan bahkan serupa dengan bisnis ini, tetapi produk dan wujudnya sangat berbeda. Sehingga ia menyarankan adanya sebuah definisi yang jelas mengenai bisnis franchise atau waralaba.

 

Bagi Yohanes Chandra Ekajaya, bisnis waralaba adalah sebuah peluang atau kesempatan usaha yang mempunyai banyak keunggulan. Sistem ini sudah terbukti unggul karena sudah terbukti laris dan laku di pasaran. Setidaknya sistem ini sudah terbukti membuat orang menjadi sukses selama lebih dari setengah dekade.

 

Terkait dengan jenis sistem bisnis lain yang serupa dan mirip dengan bisnis waralaba masih belum teruji tingkat keberhasilannya. Sistem ini belum termasuk teruji karena belum mencapai masa lima tahun. Yohanes Chandra Ekajaya berani mengatakan bahwa sistem yang serupa ini belum teruji. Sebab hanya diasumsikan mempunyai masa depan yang sangat cerah.

 

Selain itu waralaba mempunyai risiko yang lebih kecil dan sedikit daripada peluang bisnis lain. Bagi Yohanes Chandra Ekajaya, hal itu sangat jelas karena sistem bisnis, termasuk masalah teknis sudah dirancang dengan sangat baik oleh para pemberi lisensi. Selain itu pembeli lisensi pun tidak perlu melakukan trial dan error. Sederhanya pembeli lisensi tidak perlu melakukan eksperimen yang mempunyai risiko besar dalam meningkatkan usaha.

 

Berdasar pengalaman Yohanes Chandra Ekajaya, biasanya setelah membeli lisensi waralaba, maka pembeli lisensi kemudian akan diberikan panduan mengenai sistem yang ada. Hampir semua cara menjalankan bisnis sudah disajikan sedemikian rupa oleh pemilik waralaba. Perhitungan di atas kertas pun sudah ada. Sehingga para pembeli lisensi hanya tinggal menjalankannya.

Advertisement
advertisement
Yohanes Chandra Ekajaya Terjun Ke Waralaba |admin |4.5