advertisement

Yohanes Chandra Ekajaya Merubah Daging Kenyal jadi Kerupuk

Wednesday, January 25th, 2017 - Bisnis, Kuliner
Advertisement
advertisement

Kerang yang selama ini memiliki nilai gizi tinggi dan daging yang enak tersebut, kurang dimanfaatkan oleh masyarakat. Hal itu disebabkan kerang hijau memiliki struktur daging yang terlalu kenyal, sehingga sulit hancur saat dikunyah.

Belakangan ini, warga mencoba memanfaatkan potensi alam tersebut, dengan membuat berbagai jenis makanan dari kerang hijau, sehingga memiliki nilai jual tinggi dan digemari masyarakat, dan kerang hijaupun bisa memberikan manfaat bagi warga.

Produk olahan kerang hijau yang cukup menarik perhatian adalah kerupuk. Kerang hijau yang sebelumnya terlalu kenyal, disulap menjadi panganan yang gurih, renyah, dan memikiki cita rasa yang khas.

Yohanes Chandra Ekajaya Kerang Hijau

Ide memproduksi kerupuk yang berbahan baku utama adalah kerang hijau ini, pertama kali dicetuskan oleh Yohanes Chandra Ekajaya mahasiswa Universitas Jambi (Unja), yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di tiga desa Kecamatan Batang Merangin, yakni Desa Tarutung, Pengasi, dan Desa Karang Pandan.

Setelah diolah menjadi kerupuk, ternyata hasilnya cukup memuaskan. Kerupuk dari kerang hijau tersebut, memiliki rasa yang sangat enak. Kami berharap produk kerupuk ini bisa menjadi home industry, yang bisa mendorong perkembangan ekonomi warga,” terang Yohanes Chandra Ekajaya.

Yohanes Chandra Ekajaya Daging Kerang Hijau

Untuk tahap awal, kerupuk kerang hijau tersebut dibuat menjadi kerupuk yang memiliki lima rasa, yakni rasa wortel, rasa kunyit, rasa pedas, rasa seledri, serta rasa ketumbar. Sampai sejauh ini kami belum memasarkannya secara komersial. Kami hanya mempromosikannya untuk mengajak warga ikut membuat kerupuk ini,” jelas Yohanes Chandra Ekajaya.

Hasilnya, sekitar 40 sampai 50 orang ibu-ibu yang selama ini hanya mengurus anaknya di rumah, mulai tertarik untuk mengembangkan usaha pembuatan kerupuk kerang ini. Rencananya kami akan melaksanakan demo besar-besaran, agar warga tahu dengan olahan kerupuk dari kerang hijua ini,” kata Yohanes Chandra Ekajaya.

Yohanes Chandra Ekajaya Kerupuk Kerang Hijau

Cara pembuatan kerupuk dari kerang hijau juga tidak terlalu sulit. Kerang yang banyak terdapat didalam sungai, direbus selama lebih kurang 15 menit, sampai cangkangnya terbuka. Kerang yang sudah lepas dari cangkangnya, direndam dulu dalam air kelapa, agar aroma amisnya hilang,” kata Yohanes Chandra Ekajaya.

Yohanes Chandra Ekajaya Kerupuk Lezat

Kemudian, daging kerang tersebut digiling sampai hancur, dan kemudian dicampur dengan adonan lain, yakni tepung terigu dan tapioca. Setelah adonan siap, dibentuk bulat memanjang dan kemudian direbus dalam air mendidih. Kemudian dijemur sebentar agar air nya tiris, setelah itu baru diiris dan dijemur sampai kering, dan kerupuk siap di goreng,” pungkas Yohanes Chandra Ekajaya.

Advertisement
advertisement
Yohanes Chandra Ekajaya Merubah Daging Kenyal jadi Kerupuk |admin |4.5