advertisement

Yohanes Chandra Ekajaya Melati dan Semua Manfaatnya

Tuesday, February 14th, 2017 - Kesehatan, News, Ulasan
Advertisement
advertisement

Dok. Yohanes Chandra Ekajaya

Melati atau bahasa latinnya Jasminum sambac Air adalah tanaman hias yang banyak dibudidayakan, termasuk Yohanes Chandra Ekajaya yang merupakan salah satu orang yang membudidaya tanaman ini. Melati tergolong kedalam genus semak (Jasminum) dan merupakan tanaman merambat dalam famili Oleaceae (zaitun). Bunga melati umumnya sering digunakan sebagai hiasan untuk pengantin dalam upacara perkawinan dari tradisi berbagai suku di Indoneisa khususnya suku Sunda dan Jawa.

Yohanes Chandra Ekajaya pria kelahiran Malang 30 tahun lalu ini memang seorang pengusaha yang mempunyai banyak ide. Tak terbesit di pikiran banyak orang tentang usaha budidaya tanaman ini tetapi beda dengan Yohanes Chandra Ekajaya. Terdapat sekitar 200 jenis spesies melati yang telah diidentifikasikan. Namun, baru 9 jenis saja yang umum dibudidayakan dan 8 diantaranya potensial untuk dijadikan sebagai tanaman hias seperti apa yang dibudidayakan Yohanes Chandra Ekajaya. Seperti halnya bunga mawar, melati memiliki banyak kegunaan. Diantaranya digunakan sebagai bunga tabur, bahan olahan untuk minyak wangi, kosmetik, pewangi/parfum, farmasi, dan sebagai hiasan. Di Indonesia, melati dijadikan bahan campuran untuk pengharum teh, seperti halnya pada teh melati.

Selain bagian bunga,Yohanes Chandra Ekajaya memaparkan bahwa bagian daun juga berkhasiat sebagai obat. Seperti untuk mengobati penyakit kulit : bisul; sakit kulit. Juga bisa dijadikan sebagai obat kumur untuk pengobatan sariawan serta pembengkakan gusi. Sedangkan untuk kecantikan, yang digunakan biasanya adalah air rendaman bunga melati, untuk mencuci dan menyegarkan wajah. Sedangkan bagian akar dari bunga melati bisa digunakan sebagai penurun demam. Dengan cara merebus akarnya atau bisa juga bagian bunga untuk kemudian air rendamannya digunakan sebagai obat. Bagian akar bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan luar maupun dalam. Untuk radang paru, bronkitis, serta penyakit asma.

Dok. Yohanes Chandra Ekajaya

Apabila dianalisis secara mendalam, dapat dilihat dari grafik diatas bahwa jumlah permintaan bunga melati sangatlah tinggi dibanding yang lain. Dari tiap tahun dapat dilihat bahwa hampir di tiap tahunnya jumlah permintaan dari bunga ini sangatlah stabil karena memang banyak manfaat yang didapatkan dari budidaya tanaman ini. Alasan Yohanes Chandra Ekajaya Sendiri sangatlah sederhana ketika ditanya alasan ia membudidayakan melati ini, yaitu karena masih jarang yang membudidayakannya dan tingginya permintaan pasar dalam dan luar negeri.

Untuk membudidayakan bunga melati, harus terlebih dahulu memahami karakter utama dari bunga ini. Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, iklim tropis Indonesia sangat menunjang untuk membudidayakan bunga melati. Meski demikian, ada beberapa faktor yang patut diketahui. Melati akan tumbuh baik pada lahan dengan ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut. Dengan suhu ideal antara 25 hingga 37 derajat Celcius.

Langkah pertama yang diperlukan untuk proses budidaya bunga melati adalah mempersiapkan bibit bunga. Proses pembibitan bisa memanfaatkan wadah semai atau polybag yang umumnya sering digunakan untuk proses pembibitan pada bunga lain. Atau, bisa juga dengan cara stek batang. Untuk pembibitan menggunakan polybag, pertama-tama masukan bibit kedalam wadah semai yang telah terisi dengan campuran tanah dan pasir steril. Buat juga beberapa lubang kecil pada wadah semai untuk jalan pembuangan air yang berlebih. Penyiraman pada bibit dilakukan satu hingga dua kali sehari selama tiga bulan.  Jika anda tidak mau repot dan ingin praktis untuk urusan pembibitan. Anda bisa membeli bibit bunga melati yang siap tanam di berbagai toko bunga yang menjual bibit bunga melati.

Dalam proses budidaya melati, kalian perlu mengetahui jenis perawatan yang biasa dilakukan dalam membudidayakan bunga melati. Antara lain: penyulaman tanaman, penyiangan, pengairan, pemupukan, dan pemberantasan hama. Demikianlah peluang usaha budidaya bunga melati yang bisa anda coba. Ada banyak manfaat dari tanaman melati ini, semoga dengan paparan usaha budidaya melati yang dilakukan oleh Yohanes Chandra Ekajaya ini dapat menambah ilmu dan bermanfaat bagi sesama

Advertisement
advertisement
Yohanes Chandra Ekajaya Melati dan Semua Manfaatnya |admin |4.5