advertisement

TPI Juwana Direvitalisasi setelah 41 Tahun

Friday, March 3rd, 2017 - Bisnis, Expert Opinion, Ulasan
Advertisement
advertisement

TPI Juwana Direvitalisasi setelah 41 Tahun

Tempat Pelelangan Ikan (TPI) I Juwana, Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana direvitalisasi tahun 2017 ini. Mulai Rabu lalu para pekerja proyek membongkar atap tempat pelelangan ikan. Para bakul ikan sebagian sudah dipindah di gedung samping TPI sekitar 1.000 meter.

Kepala TPI I Juwana Tri Widodo menjelaskan, pembangunan TPI tersebut baru dilaksanakan 2017 ini. Karena sebelumnya terkendala anggaran. Bangunan yang masih menjadi kewenangan Pemkab Pati ini baru bisa menganggarkan Rp 2,5

miliar pada pembangunan TPI setelah dibangun pada 1976 silam.

“Sebetulnya pembangunan TPI I Juwana ini direncanakan sudah lama. Tapi belum ada anggaran. Pembangunan gelombang pertama ini baru 2017 ini dianggarkan dari APBD Pati 2017. Nanti pada tahun berikutnya, pembangunan gelombang kedua dianggarkan Rp 5 miliar,” ungkapnya.

Selain berusia puluhan tahun, bangunan itu sudah tidak layak. Ada beberapa bagian bangunan yang rusak, seperti lantai, atap, dan kantornya. Rencananya, pembangunan itu ditargetkan rampung akhir 2017 ini. Pada pembangunan gelombang pertama diawali pembongkaran dua atap yang dijadwalkan rampung sebulan.

“Sebab pada April nanti ada lelang proyek Setelah lelang dilanjutkan pembangunan atap. Sebelumnya dua atap, nanti hanya satu atap seperti TPI II Juwana. Lantainya ditinggikan satu meter karena sering kebanjiran. Tak hanya membangun TPI, beberapa faslitias lainnya yang dibangun seperti kantor dan parkir dermaga lebih luas supaya bisa menampung truk hasil lelang masuk ke dalam” katanya.

TPI Juwana Direvitalisasi setelah 41 Tahun

Pembangunan TPI ini diharapkan lebih praktis karena ada truk bisa masuk dan langsung menampung ikan dari kapal. Sebelumnya, ada kapal tiba di dermaga, ikannya diturunkan terlebih dahulu dan menyebabkan kotor dan kerusakan lantai serta bak ikan.

Di TPI I Juwana nanti bisa menampung 25 bakul ikan besar dan 500 lebih bakul ikan skala kecil. “Semoga setelah bangunannya diperbarui, pertumbuhan ekonomi di TPI I Juwana meningkat karena tempatnya lebih mudah diakses dan tertata,” jelas Tri.

Advertisement
advertisement
TPI Juwana Direvitalisasi setelah 41 Tahun |admin |4.5