advertisement

Khairul Nizam Sukses Berkat Ngefans Dengan Hary Tanoesudibjo

Thursday, March 16th, 2017 - Bisnis
Advertisement
advertisement

Khairul Nizam, yang akrab di panggil Gembul memceritakan perjalanan hidupnya kepada kami. Dengan hanya bermodalkan sosial media, dan nizam memulai usahanya berjualan online. Sempat mengikuti Kuliah Umum yang mengangkat tema Membangun Ekonomi Indonesia dalam Menghadapi Persaingan Global di Sukoharjo. Nizam mengatakan sangat ngefans dengan sang pembicara yaitu Hary Tanoesudibjo.

Hary menjelaskan masa mudanya “Waktu SMP saya mulai bandel, Saya suka balapan. Bahkan sering ikut balapan di jalan maupun di track balap. Masuk SMA, saya makin bandel. Bahkan karena kenakalan saya itu saya akhirnya dikeluarkan, alias dikeluarkan dari sekolah dan nganggur,”. Seperti itulah yang Nizam alami saat duduk dibangku SMP dan saat SMA. Karena itulah Nizam sangat sekali mengagumi sosok Hary Tanoesudibjo.

dok.chandraekajaya

Dengan berniat hidup enak seperti idolanya Nizam berjualan sepatu dan sandal memalui online. Membeli produk dari para tetangga pengrajin sepatu dan sandal nizam mencoba untuk mengiklankan produknya.  Keahlian skill komputer  dan marketing yang bagus Nizam mulai merasakan hasil dari usahanya. Produknya yang bagus ban pelanggannya suka, nizam kebanjiran pesanan dari pasar Indonesia. “Ada yang dari Aceh, Medan, Lampung, Kendari, Madura, Jawa, Makasar, Lombok, dan Wamena. Dia menceritakan pelanggan yang memesan produknya” dia bercerita.

Selain menggeluti bisnis online dirinya mengaku juga menjadi pengajar sekaligus motivator bagi siapa saja yang ingin seperti dia. Berharap dengan membagi pengalamannya sebagai pengusaha, Nizam bisa memberikan motivasi kepada para tetangganya untuk berwirausaha. Nizam mengangkat ekonomi para tetangganya pengrajin sepatu dan sandal dengan otak yang mulianya. “ Kalau tidak tahu bagaimana pemasarannya pengrajin disini hidupnya bakal gini gini aja”. Dia berkata demikian. Nizam mendirikan Koperasi agar masyarakat bisa merasakan kemajuan desanya. Para pengrajin membuat produk dan dirinya yang memasarkan dan sebagai admin, berapa pesanan, kemana produk dikirim dan dengan transparan Nizam mengatakan untung yang ia peroleh dari usahanya tersebut. Masyarakat menerima dan merasa sangat terbantu dengan apa yang dilakukan oleh Khairul Nizam.

dok.chandraekajaya

“Mas Nizam orangnya baik, jujur, rendah hati, kami semua suka. Sangat berubah yang dulunya bandel dan nakal. Kami tidak menyangka”. Kata ketua RT setempat.

Warga setempat juga sering berkeluh kesah kepada Nizam tentang hidupnya, dianggap orang yang paling mengerti bisnis Nizam memberikan motivasi, pekerjaan yang cocok atau mendirikan bisnis yang seperti apa yang cocok untuk warga yang membutuhkan. Nizam juga tidak pelit membatu para pengusaha yang baru terjun ke dunia bisnis, dengan mencarikan pasar, modal dan apa yang dibutuhkan. Kenapa demikian karena dia berkaca kalau tidak ada warga kreatif di daerahnya dia juga tidak akan merasakan kesejahteraan. Simbiosis Mutualsme lah mas Saling menguntungkan, kata Nizam.

Advertisement
advertisement
Khairul Nizam Sukses Berkat Ngefans Dengan Hary Tanoesudibjo |admin |4.5