advertisement

PT Chandra Ekajaya Oil Sewa Kilang Minyak Baru di Luar Negeri

Wednesday, March 1st, 2017 - Bisnis, Migas, News
Advertisement
advertisement

Dok.Chandra Ekajaya

PT Chandra Ekajaya Group kembali melalui rantai pasok terintegrasi atau integrated supply chain akan menyewa kilang di luar negeri untuk mengolah minyak mentah pada tahun ini. Kebijakan ini diambil oleh Chandra Ekajaya sehubungan dengan peningkatan jumlah permintaan pasokan, namun jumlah kilang minyak yang ada di Indonesia tidak memenuhi produksi.

Pemilik dan CEO Chandra Ekajaya mengatakan, pihaknya sedang berkoordinasi dengan beberapa negara  dan pihak asing yang terkait dengan penyewaan kilang minyak mentah yang akan disewa oleh PT Chandra Ekajaya.

Namun sampai saat ini Chandra Ekajaya belum bisa memastikan kapan pengadaan dan pengolahan minyaknya bisa dilakukan. Namun dirinya mengatakan, nantinya minyak mentah yang akan diolah sebanyak 2 juta barel per bulan. Kebijakan mengolah minyak mentah di kilang asing bukan sesuatu yang baru. Pada 2016, saja banyak perusahaan minyak nasional bahkan milik BUMN melakukan pola yang sama yakni dengan menyewa kilang minyak negara lain.

Dok.Chandra Ekajaya

Dari kerja sama sewa kilang atau  PT Chandra Ekajaya Oil akan mendapatkan pasokan  produk migasdengan total 2 juta barel per bulan sejak Juli hingga Desember 2017.

Setelah itu, PT Chandra Ekajaya Oil juga akan melakukan lelang bagi perusahaan penyedia jasa pemrosesan minyak mentah.kebijakan ini dilakukan dengan harapan agar melalui proses tersebut bisa didapat nilai tambah pengadaan bahan bakar minyak.

Sebelumnya, PT Chandra Ekajaya Oil akan menerima satu kargo minyak mentah yang akan diuji di kilang di kawasan Sulawesi. Menurut Chandra Ekajaya, pada kesempatan kunjungan dirinya di beberapa negara penghasil dan pengolahan minyak mentah dikawasan Timur Tegah tak akan ada kerja sama baru yang diteken dalam hal pengadaan minyak mentah, dirinya hanya berkunjung dan melakukan pengecekan standarisasi.

Chandra Ekajaya menyebutkan saat ini masih dalam tahap penyesuaian dengan kerja sama sebelumnya. “sampai sekarang belum samapi ke arah kerjasama baru, hanya melakukan inspeksi dan pengecekan seperti biasa” ujar Chandra Ekajaya.

Dalam kesempatan tersebut Chandra Ekajaya mengatakan kerja sama yang ditargetkan bisa terjalin melalui kunjungan, seperti minyak mentah, dan penambahan kuota minyak mentah yang diproduksi bahkan sampai dengan sewa kilang minyak yang masih dalam tahap pematangan rencana.

 

Advertisement
advertisement
PT Chandra Ekajaya Oil Sewa Kilang Minyak Baru di Luar Negeri |admin |4.5