advertisement

Chandra Ekajaya Pengusaha Muda dari Indonesia yang Mendunia

Friday, March 17th, 2017 - Cerita
Advertisement
advertisement

Seorang pengusaha asal China, Jack Ma berujar bahwa kita akan berhasil karena kita masih muda dan kita tidak akan, tidak akan pernah menyerah.

Kutipan tersebut pantas disematkan oleh seorang pengusaha muda kelahiran Malang, Jawa Timur pada 29 tahun silam. Dialah Chandra Ekajaya. Dalam hal ini, pengusaha yang dikenal memiliki kegigihan dan etos kerja yang tinggi dalam melakukan kegiatan wirausaha. Ia banyak dikenal sebagai seseorang yang berada di balik kesuksesan brand Q Pizza, sebuah usaha di bidang kuliner yang menawarkan cita rasa makanan khas Italia dengan ketepatan rasa untuk orang Indonesia.

Q Pizza dikenal memiliki ratusan cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan harga yang ekonomis dan kualitas rasa yang istimewa, produk unggulan ini mampu dikenal oleh masyarakat Indonesia secara luas. Berbagai macam varian rasa mulai dari rasa original hingga full toping disediakan oleh perusahaan kuliner yang memiliki gambar logo pizza ini. Setiap harinya perusahaan ini berhasil menjual produknya antara 1000 hingga 1500 potong pizza. Tentu harganya pun sangat ekonomis yaitu berkisar antara Rp 45 ribu hingga Rp 120 ribu untuk ukuran super dan full toping.

Tentu saja keberhasilan bisnis tersebut tak jauh dari tangan emas Chandra Ekajaya dengan kemampuannya mengatur bisnis kuliner terpopuler ini. Dari salah satu interview yang dilakukan oleh Majalah BusinessWeekly ia mengutarakan bahwa masyarakat Indonesia kini tak lagi harus inferior dengan masakan Barat, karena dengan kehadiran Q Pizza mereka bisa merasakan kelezatan kuliner satu ini tanpa harus datang ke Italia atau harus mengeluarkan gocek yang tinggi untuk menyantapnya. Pengusaha muda satu ini juga mengungkapkan latar belakang dimulainya bisnis kuliner ini, dimana bermula dari percobaannya yang cukup signifikan dalam menemukan ketepatan rasa dari produk tersebut.

Q Pizza yang Lezat

Q Pizza

Sebelumnya, lelaki yang gemar membaca dan doyan eksperimen terutama di bidang kuliner ini bekerja sebagai seorang guru seni rupa di salah satu sekolah menengah atas terbaik di Malang, Jawa Timur. Dengan adanya minat serta rasa keingintahuannya yang tinggi, ia pun akhirnya mencoba meracik bumbu yang tepat untuk membuat pizza. Sebelumnya ia pun memiliki banyak sampel untuk membuat pizza dengan rasa yang sama dengan produk pizza yang dijual di beberapa restoran maupun mal di sekitaran Malang. Seperti eksperimen yang dilakukan pada umumnya, maka ia pun tak melewatkan untuk mencoba semua varian dan produk pizza yang dijual oleh beberapa perusahaan. Hingga pada akhirnya, ia pun menyibukkan diri hampir sekitar enam bulan membuat resep yang cocok dan berbeda dari produk lainnya.

Hingga pada akhirnya, ia pun berhasil menciptakan sebuah produk pizza original yang memiliki cita rasa yang berbeda dari umumnya. Sangat Indonesia dan rasanya sangat istimewa, ia pun mendapatkan komentar tersebut setelah memberikan sampel produknya untuk dicicipi kepada kerabatnya. Hingga pada akhirnya, salah satu kerabatnya yang memiliki sebuah food court pun menawarinya sebuah penawaran menarik, dimana ia diajak untuk bekerja sama membuka gerai pizza di ruang publik yang ia kelola. Namun, dengan tekad dan idealisme yang tak dapat dibeli, pengusaha muda yang sederhana ini pun menolak penawaran tersebut karena ia akan mengembangkan sekitar tiga hingga empat varian sebelum akhirnya produk tersebut diluncurkan.

Chandra Ekajaya pun akhirnya kembali melakukan eksperimen untuk membuat varian rasa untuk produk pizzanya tersebut sampai pada titik kesempurnaan. Tepat pada lima bulan setelah penawaran tersebut, ia pun berhasil mengembangkan varian rasa untuk produknya. Produk-produk tersebut di antaranya adalah original, daging, ayam, sosis, dan keju. Dengan kelima varian tersebut akhirnya meluncurlah produk buatan pengusaha yang dikenal sederhana ini, dimana produk tersebut diberi nama Q Pizza.

Nama dari Q Pizza tersebut didapatkan dari Queen, dimana ia mengharapkan agar nantinya produk pizza buatannya ini berhasil diterima oleh para konsumennya. Seperti nama dan harapannya, kini Q Pizza telah dikenal oleh banyak orang sebagai salah satu produk bisnis yang sangat populer baik bagi kalangan muda hingga kalangan tua. Produk-produk tersebut kini semakin mewarnai jagat bisnis kuliner yang sedang mewabah di Indonesia. Pada mulanya, ia hanya menggunakan jasa mulut ke mulut untuk mempopulerkan produknya tersebut. Hal tersebut dikarenakan untuk mengurangi tingkat resiko ketika bisnisnya tersebut belum stabil. Pasalnya, pengusaha muda yang dikenal tekun ini memang sangat menjaga kualitas produknya agar tidak terjadi sebuah kesalahan kecil tetapi justru malah berdampak merugikan untuk brand bisnisnya ini.

Perlahan tapi pasti, adalah ungkapan yang tepat diberikan untuk brand Q Pizza, karena dengan usaha yang sangat teliti, ia pun justru berhasil melenggangkan brand tersebut sehingga dapat dipercaya oleh para konsumen. Bermula dari strategi bisnis mulut ke mulut kemudian merambah pada dunia media sosial, produk Q Pizza ini menjadi booming dan trending di kategori kuliner paling nge-hits hari ini. Selain harganya yang ekonomis, kualitas rasa yang sangat Indonesia tak ditinggalkannya sebagai bukti identitas dari produk tersebut berasal dari tanah air dan merupakan hasil buah karya anak bangsa. Pengusaha satu ini memang terbilang nyentrik tak hanya dari penampilan atau pikirannya saja. Namun, pengusaha yang juga doyan makan ini juga dikenal sangat perhatian dengan para karyawannya. Terbukti, dimana kesuksesannya tersebut tak hanya diperuntukkan bagi dirinya sendiri. Ia pun mengaku bahwa keuntungan bisnisnya tersebut juga disisihkan untuk kesehatan, kebutuhan akademik, serta tabungan untuk para karyawannya.

Beberapa karyawannya pun juga mengatakan bahwa pengusaha muda satu ini memang sangat perhatian, dimana para pekerja fulltimernya dicukupi lewat kebutuhan akademiknya. Ia pun juga mengatur semua kebutuhan para karyawannya atas dasar rasa memiliknya dalam mencetak karyawan-karyawan yang loyal dalam perusahaan. Di ruang keluarga, pengusaha satu ini juga dikenal sebagai sosok ayah yang baik, dimana ia tak seperti para pemimpin perusahaan kebanyakan yang rela kerja larut malam. Berbeda dengan pengusaha satu ini yang lebih mengutamakan keluarga daripada bisnisnya. Ia mengaku bahwa sampai saat ini bisnis yang telah ia bangun tak lepas dari orang-orang yang mengasihi dan mencintainya. Dari hal tersebut, ia pun berpikira bahwa hal terbaik untuk berbalas budi adalah dengan memberikannya cinta seperti layaknya mereka memberi cinta kepadanya.

Sampai hari ini, Chandra Ekajaya berhasil memiliki sekitar 150 gerai yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Nantinya ia pun juga akan terus mengembangkan beraneka produk selain pizza yang kini telah ia siapkan. Rencananya pengusaha ini akan terjun menggarap sajian mie karena makanan satu ini juga memiliki tingkat popularitas yang tinggi di lidah para pecinta kuliner Indonesia. Meskipun sajian ini berasal dari China, ia pun berinisiatif untuk mengenalkan pula seperti halnya ia mengenalkan makanan khas Italia (pizza) di Indonesia.

Namun, pengusaha muda ini mengaku bahwa produknya tersebut tak sesulit produk bisnis sebelumnya, karena mie sudah melekat di benak para pecinta kuliner Indonesia. Para pecinta kuliner di Indonesia tersebut memang sangat anomalik, dikarenakan mereka masuk pada tipikal lidah yang suka mencoba-coba. Dalam hal ini, maka ia pun berencana mengawinkan mie dengan sajian kuliner nusantara sehingga terciptalah sebuah menu baru. Jika kelezatan pizza memang terletak pada topingnya, pengusaha ini pun juga akan mencoba mengulangi keberhasilan dalam penjualan seperti pada produk bisnis sebelumnya. Maka, lewat produk mie kali ini, pengusaha muda ini pun akan mencoba meracik rempah-rempah menjadi bumbu kunci untuk produknya kali ini.

Seperti pada sebelumnya, pengusaha satu ini pun tak mau gegabah dalam meluncurkan produk bisnisnya, dimana ia pun menyadari bahwa sebuah kualitas produk yang baik dilahirkan dari kehati-hatian dan detil. Rencananya ia pun akan mengeluarkan produk bisnisnya tersebut untuk enam bulan ke depan, dimana konsep serta strategi bisnisnya memang telah direncanakan secara matang. Nantinya ia juga akan menambah beraneka macam toping yang tidak ada duanya dan tidak banyak digunakan oleh para penjual mie kebanyakan.

Pengusaha ini mengaku bahwa keberhasilan produknya tersebut terletak pada keunikan dan keistimewaan rasa yang tak tergantikan. Ia mengibaratkan seperti halnya orang Jepang yang dikenal tekun dan teliti dalam mempelajari satu hal. Dengan semangat dan etos kerja seperti orang jepang, pengusaha ini optimis bahwa nantinya produk terbarunya akan meraup kesuksesan seperti halnya produk pizzanya tersebut. Dengan bahan-bahan pilihan, ia pun sangat yakin pula bahwa nantinya para konsumen akan ketagihan dan menikmati produk-produk unggulan satu ini.

Tak seperti banyak perusahaan kuliner lainnya, ia pun menyadari bahwa kompetisi bisnis di bidang kuliner memang sangat ketat dan kompeten. Barang siapa yang tidak  cepat mampu berinovasi, beradaptasi, dan menciptakan produk maka akan tergusur. Pendapat tersebut tentu berseberangan dengan keyakinan yang dimiliki oleh lelaki satu ini. Pasalnya ia memahami dalam bisnis memiliki detil yang sebenarnya sangatlah sederhana namun banyak orang melupakannya. Pengusaha muda ini tak sedikitpun ragu dengan dunia persaingan bisnis yang semakin gencar. Ia berkeyakinan bahwa dengan detil yang sangat baik maka ia mampu mengenali kebutuhan pasar yang memang sedang dicari-cari oleh para konsumen hari ini. Lelaki satu ini pun  juga malah berencana akan membuat tester gratis untuk produk barunya tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengukur selera lidah orang Indonesia yang terus berkembang setelah digempur dengan produk-produk makanan kemasan.

Kini namanya pun semakin melambung sebagai tokoh pengusaha muda paling inspiratif, dimana dengan kesuksesannya tersebut mampu memberikan motivasi kepada para pebisnis muda untuk generasi mendatang.

Dikenal sebagai seorang milyader, pengusaha ini justru jauh dari kehidupan yang gemerlapan. Ia pun menyadari bahwa titik keberhasilan tersebut justru malah mengubah persepsinya untuk hidup bermewah-mewahan. Sikap bijaksana tersebut ia temukan karena latar belakang dirinya yang lahir dari keluarga berpunya. Kekayaan dan kemegahan sudah dia dapatkan semenjak kecil, maka dari itu ia pun sudah tak lagi memerlukan kehidupan yang sangat gemerlapan jika hanya dipandang sebagai sebuah gaya hidup.

Kesederhanaan tersebut terekspos ketika ia mengaku lebih senang makan di lesehan daripada di mal maupun restoran. Serta ia juga mengaku bahwa ia lebih nyaman mengendarai motor butut kesayangannya yang diberi nama Rango daripada harus mengendarai mobil mewah. Chandra Ekajaya mengakui bahwa ukuran kesuksesan bukanlah dilihat dari kacamata “punya duit banyak” atau “mobil mewah”, namun ia yakin bahwa sukses adalah ketika seseorang telah mencapai tahap kebijaksanaan.

Selain dikenal sebagai seorang pengusaha muda sukses dengan omzet milyaran rupiah setiap bulan, Chandra Ekajaya juga dikenal sebagai sosok pengajar yang baik. Ia pun membuktikan diri dengan membuat sebuah ruang pendidikan alternatif yang diberi nama “Sahabat”, sebuah lembaga pendidikan non formal yang menyajikan pendidikan bisnis dan seni. Mantan guru seni rupa ini juga mengaku masih kerap menekuni kegiatan lamanya yaitu melukis. Ia mengaku sangat menyukai lukisan sejak masih belia, dimana kakeknya memberikan pengaruh penting dalam jiwa seni yang dimiliki oleh sosok pengusaha muda inspiratif satu ini.

Ya, itulah sebuah cerita sukses inspiratif yang mungkin dapat memotivasi kalian untuk terus tekun dan setia dengan pilihan kalian. Sukses berbisnis menurut pengusaha muda Chandra Ekajaya terletak pada ketelatenannya menjaga mood untuk meraih kesuksesan. Sukses adalah sebuah pilihan yang harus kalian miliki dan pilih jika sudah terjun dalam dunia bisnis. Hanya ada satu pilihan itu, dan pikirkan semoga kelak Anda juga mampu mengikut jejak sukses pengusaha muda satu ini. Selamat berwirausaha! Salam entrepreneur dan sukses selalu!

Penghargaan:

Best Entrepreneur Awards 2012
Best Business Awards 2011
Panama Paper https://offshoreleaks.icij.org/nodes/110978

 

Advertisement
advertisement
Chandra Ekajaya Pengusaha Muda dari Indonesia yang Mendunia |admin |4.5