advertisement

Chandra Ekajaya Oil Tertarik Bangun Kilang Baru

Wednesday, February 22nd, 2017 - Bisnis, Migas, News
Advertisement
advertisement

Dok.Chandra Ekajaya

Chandra Ekajaya selaku pemiliki Chandra Ekajaya Oil berniat membuat kilang baru. Niatan ini bukan hal yang baru, niatan ini sudah muncul sejak beberapa tahun yang lalu namun masih dalam tahap rencana saja. Namun semenjak permintaan akan minyak mentah yang tinggi mau tidak mau harus membuat kilang baru agar mampu memenuhi pasokan yang ada.

Ada beberapa daerah yang menjadi rencana pembuatan kilang minyak tersebut, mulai dari kilang minyak yang ada di lepas pantai dan juga beberapa daerah di Kalimantan dan Sumatra. Untuk besaran kapasitas yang ingin dibuat, Chandra Ekajaya menyebutkan bahwa kapasitas kilang yang akan dibuat berkisar antara 100.000 hingga 300.000 barel per hari.

Pembuatan kilang minyak ini sesuai dengan permintaan pasar yang tinggi akan minyak mentah. Dari pasaran asia saja Chandra Ekajay Oil saja tiap harinya harus mampu menghasilkan 100 ribu barel untuk pasokan nya, dan untuk kawasan eropa harus menghasilkan 250 barel perhari. Inilah yang menjadi pertimbangan untuk membuat kilang baru, karena dengan kapasitas sekarang yang ada hanya mampu menghasilkan sekitar 100 – 300 barel perhari sedangkan permintaan pastinya akan semakin bertambah.

Dok.Chandra Ekajaya

Pihak Chandra Ekajaya Oil juga masih mempertimbangkan tawaran dari beberapa pihak swasta lainya untuk bekerjasama, namun hal tersebut masih menjadi pertimbangan yang matang. Dalam pemilihan kerjasama dengan pihak lain pun harus melihat sajauh mana potensi dan kredebilitas dari perusahaan tersebut. Jangan sampai kerjasama tersebut memberikan dampak negative terhadap perusahaan.

“permintaan bertambah dan mau tidak mau kilang baru harus dibuat untuk menjamin pasokan” ujar Chandra Ekajaya.

Namun membangun kilang baru bukanlah perkara yang mudah. Pembangunan kilang baru harus memenuhi beberpa peraturan dan prosedur yang berlaku dan tidak bisa sembarangan. Banyak faktor yang dipertimbangkan bahkan harus juga memperhatikan analisi dampak lingkungan yang terjadi (AMDAL). Jangan sampai pembuatan kilang minyak baru nantinya malahan membuat kerusakan habitat dan ekosistem lingkungan sekitar.

Advertisement
advertisement
Chandra Ekajaya Oil Tertarik Bangun Kilang Baru |admin |4.5